Berharap Semua Orang Optimis Di Tahun 2016

5 Jan 2016

Tahun 2016 baru kita jalani 5 hari namun ada keinginan besar di hati saya yaitu melihat tumbuhnya rasa optimis di hati setiap warga negara Indonesia. Banyak hal baru yang terjadi di akhir tahun 2015 misalnya: terpilihnya para pimpinan KPK, Lengsernya ketua DPR RI dan reshuffle kabinet dan tentunya satu tahun perjalanan pemerintahan presiden Jokowi. Bila itu semua tidak disertai rasa optimisme maka yang terjadi adalah keluhan dan cibiran saja. Yang lebih parah adalah keluh kesah semata.

Mengapa kita harus optimis karena optimisme adalah sikap yakin akan sesuatu yang kita belum pasti namun karena ada rasa optimis kadang kadang itu bisa menjadi doa. Bukan kah pepatah lama telah menunjukkan ORA ET LABORA (berdoa sambil bekerja). Karena optimis berwujud menjadi doa kadang kadang sesuatu yang musykil pun bisa terlaksana itu semua berkat optimis.

Kebalikan dari optimis adalah pesimis dan banyak sekali rasa pesimis di tahun 2015 yang terlontar di benak warga Indonesia mulai dari rakyat jelata hingga penguasa. Mulai orang pinggiran sampai cendekiawan. Pesimis identik dengan meragukan sesuatu dan kalau kita meragukan sesuatu maka kita sudah membentengi kita dengan perasaan tidak mampu.

Seringkali kita melihat dan mendengar rasa ragu yang terlontar lewat pernyataan orang orang yang kita saksikan maupun kita dengarkan lewat media massa. Bila ada sesuatu atau seseorang yang baru terbentuk atau terpilih untuk mengemban tugas negara banyak pendapat mereka yang penuh sangsi. Sebegitu tidak yakinkah kita akan kemampuan saudara saudara kita yang melaksanakan tugas negara tersebut? Kenapa kita tidak memunculkan optimisme yang dengan itu akan membuat orang maupun lembaga yang akan melaksanakan tugas negara tersebut merasa didoakan dan diberi dukungan.

Optimis sekali lagi adalah doa, karena baik orang merasa optimis maupun yang melihat melihat sama sama dirasuki semangat untuk bekerja, bekerja, dan bekerja. Last but not least tak ada keberhasilan tanpa usaha dan doa. Anda setuju? Ayo kita singkirkan rasa pesimis di hati kita.


TAGS OPINI


-

Author

Saya adalah arsiparis di Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan. Saya juga ngajar Seni dan budaya di SMAM6 Ponpes Karangasem Paciran, Lamongan. Yang pasti saya suka nulis itu saja.

Search

Recent Post