Terima Kasih, Ibu Kau Adalah Guru dan Cinta Pertamaku

25 Dec 2016

Seorang yang selalu ada di belakangmu, menjadi pendoamu, menjadi pembelamu, dan semua itu tanpa harap balas budi ia adalah ibu. Wanita yang dengan ikhlas mencintai bahkan sebelum tahu wujud rupa kamu, ibu begitulah kita memanggilnya.

Berkat kebesaran cinta dan pengorbanan yang diberikan seorang ibu pada anak anaknya Nabi Muhammad SAW pun menempatkan derajatnya tiga tingkat dibandingkan derajat seorang ayah. Adakah cinta yang lebih tulus daripada cinta seorang ibu pada anaknya? Bahkan kekasih yang paling kau cinta pun tak mampu menyamai cintanya.

Ibu adalah guru kita yang pertama. Ia mengajari kita aneka rupa kecakapan hidup mulai berbahasa, bersopan santun dan aneka ketrampilan hidup lainnya karena ialah orang yang selama 24 jam bersama kita saat kita tumbuh dan berkembang. Adakah kita dapati guru sebagaimana yang dilakukan seorang ibu pada anaknya.

Dan pernahkah kita sadari bahwa harapan seorang ibu pada murid abadinya itu (anak) begitu sederhana. Ia tak berharap kita menjadi apa atau apa ia hanya selalu berdoa agar kita kelak menjadi orang yang berguna. Bukankah orang yang baik adalah orang yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain? Begitu supernya doa ibu itu.

Tak kan pernah cukup dan mampu kita membalas budi baiknya. Bahkan Alquran pun melarang kita untuk sekedar berkata ” uh” kepadanya karena itu bisa membuatnya kecewa. Dan menyakiti hatinya adalah sebuah kemalangan bagi pelakunya.

Satu hal yang pasti bahwa Ridlonya merupakan perwujudan ridlo Allah SWT untuk kita. Sudah selayaknya terima kasih dan doa selalu kita panjatkan kepada ibu kita. Semoga Allah SWT selalu menjaganya dan mengampuni dosa dosanya sebagaimana ibu menjaga kita dan merawat kita sejak kita dibuaian hingga dewasa. Amin.


TAGS LIFESTYLE


Comment
-

Author

Saya adalah arsiparis di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lamongan. Saya juga ngajar Seni dan budaya di SMAM6 Ponpes Karangasem Paciran, Lamongan. Yang pasti saya suka nulis itu saja.

Search

Recent Post