Peranan PPID Dalam Pelayanan Informasi Publik

13 Feb 2017

Kegiatan pelayanan informasi publik oleh Badan Publik dalam melayani masyarakat seringkali membuat masyarkat sebagai user Badan Public malas dan uring-uringan. Kondisi ini dikarenakan karena setiap kali masyarakat menginginkan informasi ke Badan publik mereka seringkali di pingpong ke sana kemari. Mereka sering kali kebingungan karena tidak tahu siapa yang mesti dihadapinya untuk menyelesaikan kebutuhannya akan informasi.

Untuk mengatasi hal tersebut dalam UU no 14 tahun 2008 tentan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) pemerintah telah menyiapkan infrastruktur yang berupa Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang mempunyai tugas untuk menyajikan informasi publik ke pada masyrakat yang membutuhkannya.

Bila dilihat dari tugasnya, sebagaimana yang tertuang dalam pasal 1 uu no 14 tahun 2008 tentang KIP, PPID mempunyai peran penting karena disitu terpaparkan dengan jelas bahwa PPID adalah Pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di Badan Publik. Melihat beban kerja PPID tentunya penyiapan pejabat yang nantinya harus menjadi PPID harus mempunyai komitmen kuat dalam pengelolaan informasi sekaligus penyajiannya.

Birokrasi harus menyediakan person yang berhadapan langsung dengan publik berkaitan dengan kebutuhan informasi ini. Mereka tidak harus saling tunjuk atau lempar masalah ketika harus berhadapan dengan masyarakat yang membutuhkan informasi apalagi itu termasuk informasi yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsinya.

Kalaupun mereka tidak bisa menyediakan secara online di kantor kantor harus ada meja yang khusus di gunakan PPID beserta jajarannya. Ini mungkin tidak mudah namun kebiasaan saling menghindar dari pertanyaan masyarakat tentang sesuatu di kantor harus bisa diminimalisir dengan keberadaan PPID tersebut. Bukan sebuah langkah yang mudah memang untuk ini namun juga tidak terlalu sulit bila semua unsur Birokrasi menyadari untuk memulai.


TAGS PPID KIP


-

Author

Saya adalah arsiparis di Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan. Saya juga ngajar Seni dan budaya di SMAM6 Ponpes Karangasem Paciran, Lamongan. Yang pasti saya suka nulis itu saja.

Search

Recent Post