Selalu Ada Asa di Ganda Putra, Semangat!

14 Mar 2017

Angin segar dunia bulutangkis Indonesia khususnya di sektor ganda putra masih berhembus. Keberhasilan Pasangan Kevin sanjaya Sukamuljo/Marcus fernaldi Gideon menjuarai All England 2017 adalah bukti angin segar itu. Perjuangan tak kenal lelah dengan mengalahkan pasangan dari china, Li Junhui/Liu chen di final seolah menjadi bukti bahwa ganda putra indonesia memang gudangnya sektor ini.

Terakhir kali Indonesia menempatkan pasangan Mohammad Aksan/Hendra Setiawan sebagai juara di tahun 2014. Kini kehadiran pasangan muda Kevin/Marcus sebagai jawara di tahun ini menunjukkan regenerasi di sektor ganda masih bagus dibanding sektor lainnya. Di tunggal putra maupun putri regenerasi masih tersendat dibuktikan dengan minimnya gelar juara dari kedua nomor tersebut. Juga di sektor ganda putri kita masih jauh dari china. Hanya ganda campuran yang masih eksis, bahkan mampu menjaga tradisi emas olimpiade.

Tentunya keberhasilan pasangan ganda di all England tahun ini bisa kita jaga untuk nantinya bisa meneruskan tradisi emas di olimpiade. Seperti yang kita tahu bahwa turnamen All England adalah barometer untuk menunjukkan kualitas pemain bulutangkis. Siapa mampu menjadi juara di situ kemungkinan mempunyai kans besar untuk meraih emas olimpiade.

Tontowi/Natsir, Taufik Hidayat, Susi Susanti, Hendra/Aksan adalah nama nama alumni juara All England yang diteruskan dengan meraih emas olimpiade. Tentunya ini bisa menjadi pelajaran bagi pengurus pusat PB PBSI untuk memaksimalkan potensi pemain muda yang berhasil menjadi juara di All England. 

Pemberian kesempatan bermain di event major bisa memupuk mental para pemain muda agar mereka agar terbiasa menghadapi lawan lawan yang kemungkinan besar akan dihadapi di olimpiade nanti. Mengingat hanya sektor ganda yang berpotensi besar untuk meraih emas tentunya fokus pembinaan PB PBSI pun harus menitikberatkan sektor ini tanpa mengabaikan sektor lainnya.

Selamat untuk Kevin/Marcus atas keberhasilan kalian menjadi jawara All England 2017. Kalian telah menunjukkan bahwa dunia Bulutangkis Indonesia memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kita masih ada. Semangat!

 


TAGS All England 2017 Ganda Putra


Comment
-

Author

Saya adalah arsiparis di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lamongan. Saya juga ngajar Seni dan budaya di SMAM6 Ponpes Karangasem Paciran, Lamongan. Yang pasti saya suka nulis itu saja.

Search

Recent Post