Menikmati Keheningan

27 Mar 2017

Kita sehari harinya hidup dalam kegaduhan. Semuanya berisik oleh aktivitas dan informasi yang berlalu lalang. Untuk memberi makna kita harus jeda, kontemplasi diri menuju kekosongan. Dalam sepi kita lebih bisa mencari jati diri.

Kemarin adalah Hari Raya Nyepi bagi umat hindu. Sejenak mari bersama menikmati sepi. Mari bergelut dengan keheningan mengosongkan tubuh dan fikiran sebelum direfresh kembali.

Kita butuh untuk menyepi agar bersih dari kebisingan urusan dunia yang fana. Tak peduli apapun agamanya, kebutuhan menyepi adalah makanan rohani agar hati lebih tajam dan fokus memaknai hidup. segala keramaian membuat frekwensi fikiran campur aduk. Kesimpangsiuran informasi yang menjelma ilusi.

Konsentrasi dalam ibadah adalah hal yang wajib dilakukan dan itu bisa didapatkan dengan menyepi. Hening.  Benar dalam falsafah jawa, bahwa lewat keheningan kita bisa lebih mudah mencapai  sasaran karena fokus; Titis in hening.

Mari bersama mencari keheningan agar tak tertipu oleh dunia yang berisik ini. Dekatilah Tuhanmu dalam sepi yang syahdu.  Kita yang beragama Islam telah diingatkan dalam hadist, ” Aku lebih dekat dari urat nadi lehermu” sebuah isyarat akan kedekatan yang perlu dihayati dalam keheningan. Tak perlu riuh rendah untuk berdialog dengan Sang Pencipta. 

Kita diharapkan untuk merendahkan diri ketika berhubungan denganNya. Dan itu hanya bisa dilakukan dalam keheningan, tawadlu’ merunduk dalam sepi. Sepi akan pengakuan dari orang lain agar jauh dari kesombongan. Di dunia yang sarat nuansa pamer hedonisme ini, keheningan dan sepi adalah pengingat untuk kita menjadi lebih tajam memilah mana yang hakiki di dunia yang sementara ini.

Mari bersama sama menyepi melupakan kilau dunia. Sambutlah kekosongan nafsu dunia. Dunia yang berisik adalah tipuan menuju kehidupan abadi. Selamat Nyepi Pulau Bali. 

 


TAGS Hari Raya Nyepi


-

Author

Saya adalah arsiparis di Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan. Saya juga ngajar Seni dan budaya di SMAM6 Ponpes Karangasem Paciran, Lamongan. Yang pasti saya suka nulis itu saja.

Search

Recent Post