Pengalaman Menjadi Jurnalis Foto di Pasang Mata

12 Apr 2017

Dunia fotografi selalu menarik perhatian saya karena lewat gambar kita bisa menyampaikan pesan lebih dramatis dan factual. Sejak kecil saya senang sekali memotret bahkan ketika study tour sekolah sering hanya menjadi juru potret teman teman yang membawa kamera. Alhasil gambarku jarang Nampak di album kenangan sekolah hehehe.

Meski suka memotret saya tidak pernah punya kamera sendiri; maklum anak penjual jajanan pasar uang saku biasa saja. Namun saya punya cara untuk merasakan memotret dengan kamera baik kamera saku maupun DSLR yaitu dekat dengan teman teman yang punya tersebut dan menunggu disuruh memotret dengan keuntungan diajari cara menggunakannya.

Saat kuliah di yogya, saya sering sekali melihat pameran foto dan sering membeli majalah bekas National Geography yang didalamnya banyak berisi gambar gambar menakjubkan. Itulah yang menumbuhkan passion saya di dunia fotografi.Kini, dengan adanya pasangmata.detik.com yang memfasilitasi warga yang suka fotografi untuk ikut berpartisipasi mengirimkan berita foto semangat saya bergairah lagi. Di pasangmata inilah saya bisa mengukur gambar yang saya ambil apakah bernilai atau tidak bagi orang lain( karena asumsi saya bila lolos dipasang di pasangmata berarti gambar yang saya ambil bernilai minimal bernilai informative.

Nah bagi rekan yang suka fotografi dan mau berpartisipasi kirim berita foto detik.com sudah memfasilitasi lewat saluran pasangmata.com. tidak perlu kamera canggih karena kita bisa menggunakan kamera hape untuk mengirimkan gambar ke pasangmata.com.

Tip dari saya agar gambar kita lolos di pasangmata sebagai berikut:

1. Gambar harus berbicara yaitu mempunyai unsur 5W dan 1H

2. Usahakan isi cerita gambar ada manfaatnya bagi orang lain

3. Kalau itu sebuah event usahakan ada banner yang kelihatan

4. Jangan ada unsur SARA

5. Tentunya jangan berbau pornografi

6. Dan yang pasti, karena untuk berita, gambarnya harus jelas jangan buram atau kabur

Dari beberapa foto saya yang lolos kebanyakan gambarnya bernilai informasi dan tentunya bisa dimanfaatkan masyarakat luas.Biar bagaimanapun, tidak ada salahnya kita mencoba, meski amatiran siapa tahu ada foto kita yang jadi viral atau bahkan jadi pilihan redaksi.com. Oh ya, lupa, di pasangmata.com juga ada poinnya lho kalau di muat sebagaimana blog kita yang jadi headline. Ayo berburu foto! Dan raih poinnya.


TAGS pasangmata


-

Author

Saya adalah arsiparis di Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan. Saya juga ngajar Seni dan budaya di SMAM6 Ponpes Karangasem Paciran, Lamongan. Yang pasti saya suka nulis itu saja.

Search

Recent Post