Ramadhan Momen Menguji Kesabaran Kita

16 May 2017

 

Ramadhan sebentar lagi tiba. Semua aktivitas menyambut kedatangannya terlihat di mana mana. Surau dan masjid nampak berbenah menyambut bulan suci Ramadhan. 

Sebagai bulan suci umat Islam yang di dalamnya kitab suci Al qur’an diturunkan, Ramadhan memang menjadi magnet tersendiri bagi umat Islam yang beriman. 

Di bulan Ramadhan ini,  umat Islam berkesempatan merefresh rohaninya agar kembali bersih. Ritual ibadah banyak dilakukan di bulan suci ini.  Membaca Al qur’an,  sholat tarawih,  dan zakat,  adalah amalan amalan yang mendapat pahala berlimpah di bulan ini. 

 Kesabaran

Kita hendaknya bisa memanfaatkan bulan puasa ini menjadi lebih khusuk dengan meningkatkan kesabaran.  Puasa menahan lapar dari menjelang subuh saat sahur hingga bedug Maghrib hendanya bisa kita teladani dan resapi untuk bisa lebih mawas diri. 

Sebagaimana hadis qudsi “puasa itu untukku dan aku sendiri yang akan membalasnya.” Hendaknya ini bisa menjadi pengingat betapa pribadinya ibaadah puasa itu karena Allah SWT dan hambanya sendiri yang tahu. 

Semoga tidak ada lagi sweeping saat puasa tiba. Keimanan kita hanya akan terasa dan diketahui sang pencipta.  Biarkan orang beraktivitas sebagaimana hari hari biasa. Kita yang berpuasa tetaplah bersabar dan itu lebih utama nilainya. 

Kesabaran haruslah makin mendekatkan kita kepadaNya karena diisitulah letak kualitas keimanan seseorang. Bukankah Allah SWT selalu bersama orang orang yang sabar? 

Mari kita jadikan momen Ramadhan ini untuk lebih meningkatkan kesabaran kita dalam beribadah. Karena sesungguhnya banyak sekali aktivitas di lingkungan kita ini yang menjadi cobaan kita dalam berpuasa maka sudah seyogyanya itu kita jadikan sebagai batu loncatan kita agar lebih berkualitas derajat keimanan kita. 

Mari bersabar dan ikhlas berpuasa.  Marhaban ya Ramadhan. 

 


TAGS OPINI


-

Author

Saya adalah arsiparis di Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan. Saya juga ngajar Seni dan budaya di SMAM6 Ponpes Karangasem Paciran, Lamongan. Yang pasti saya suka nulis itu saja.

Search

Recent Post