Merajut Kebersamaan dengan Buka Bersama Ala Wong Ciran

21 Jun 2017

Nanjak ambengSore itu ada yang lain di sepanjang Jalan Pondok di Desa Paciran,  Lamongan,  Jawa Timur.  Masyarakat ramai berkumpul mengitari nasi dalam talam yang lazim disebut Ambeng.  

Nanjak ambeng atau makan bersama dalam satu talam sebuah tradisi yang sudah mendarah daging bagi warga Desa Paciran atau Wong Ciran. Mereka berkumpul bersama sama membuat lingkaran lingkaran kecil mengelilingi nasi dalam talam tersebut

Inilah ngabuburit tahunan ala wong Ciran yang sangat penuh dengan nuansa kebersamaan dan kesetaraan.  Pak Kades,  Kyai,  Guru bahkan ada salah satu anggota DPRD yakni Khusnul Aqib yang membaur bersama masyarakat untuk bersama sama nanjak ambeng tersebut. 

Menurut Umar Fadloli ketua panitia Nanjak Ambeng Bareng ini,  acara ini rutin dilakukan untuk menciptakan kebersamaan antar warga juga untuk mendekatkan pimpinan dengan masyarakatnya. 

Tanpa ada sekat jabatan dan status mereka membaur bersama warga untuk makan bersama dalam satu wadah yang sama pula. 

Rabu sore 21/6/17 sebanyak 250 talam ambeng ludes diserbu warga setelah sebelumnya mendengarkan tausiyah menjelang maghrib bersama khusnul Aqib.  Terasa sore ini kesetaraan begitu jelas terlihat di Jalan Pondok Desa Paciran.  Amin. 


TAGS RELIGI


-

Author

Saya adalah arsiparis di Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan. Saya juga ngajar Seni dan budaya di SMAM6 Ponpes Karangasem Paciran, Lamongan. Yang pasti saya suka nulis itu saja.

Search

Recent Post