Tip Mengonsumsi Informasi yang Reliabel di Tengah Kepungan Hoax

19 Jul 2017

Kemudahan akses informasi saat ini membuat gaduh dunia virtual. Internet memungkinkan kita saling mengetahui kondisi satu sam lain dengan adanya jejaring sosial. Tak jarang copy paste sebuah berita yang menghebohkan, bahkan disaat belum bisa dipastikan kebenarannya, saat itu juga menjadi viral yang kadang kadang bahkan hanya fitnah semata.

Sebagai pengguna informasi, kita dituntut untuk selalu teliti dalam mengkonsumsi informasi tersebut. Ketelitian ini agar kita tidak menjadi bagian dari orang orang yang berbagi omong kosong belaka. Jangan sampai kita termasuk penyebar informasi yang salah bahkan membahayakan orang yang mengkonsumsi informasi yang kita bagi tersebut.

Untuk meminimalkan tersebarnya desas desus yang kadang hanya informasi bohong belaka akibat kesalahan kita dalam mengkonsumsi berita ada beberapa tip and trik yang hendak penulis sampaikan agar kita memperoleh informasi yang reliabel atau dapat dipercaya.

Berikut ini beberapa trik untuk memperoleh informasi  dari internet yang dapat dipercaya:

  1. Selalu mencari informasi dari sumber yang resmi, misalnya tentang data kependudukan carilah di website pemerintah yang menangani kependudukan atau bisa juga mengakses dari situsnya Badan Pusat Statistik.
  2. Informasi yang berhubungan dengan publik figur/artis maka carilah situs resmi pribadi artis tersebut atau dari situs berita infotainment yang kredibel dan mempunyai iklan banyak. Situs yang mempunyai iklan banyak dijamin valid dan kredibel sehingga dipercaya dunia usaha dan dijamin informasi bukan sembarangan.
  3. Bila kita hanya memanfaatkan media online untuk mengakses berita maka carilah media online yang mempunyai versi cetak sekaligus. ( pengecualian untuk detik.com adalah situs yang khusus online dan sudah kredibel )
  4. Biasanya situs yang mengkhususkan pada media online mempunyai daftar penulis yang menjadi kontributornya. lihatlah kredibilitas penulis informasi tersebut apakah ia memang orang yang ahli di bidangnya ketika ia mengulas suatu tema.
  5. yang terakhir jangan hanya berhenti di satu sumber informasi karena informasi yang update dan penting biasanya diliput di semua media, hanya sudut pandangnya saja yang berbeda.

Semoga dengan mengikuti lima tip yang saya berikan kita  lebih bisa memilah dan memilih berita yang reliabel bukan hanya pengonsumsi hoax yang akhirnya hanya menebar fitnah tanpa kita sadari. Salam Literasi. 


TAGS Hoax Reliabilitas informasi


-

Author

Saya adalah arsiparis di Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan. Saya juga ngajar Seni dan budaya di SMAM6 Ponpes Karangasem Paciran, Lamongan. Yang pasti saya suka nulis itu saja.

Search

Recent Post