Persembahan Untuk Pahlawan Tak Dikenal

9 Nov 2017

Bulan November adalah bulan pahlawan. Di situ ada tanggal keramat yang ditetapkan pemerintah menjadi Hari Pahlawan yaitu tanggal 10 November. Namun kali ini tulisan ini akan mendedikasikan untuk mereka mereka yang mungkin layak dilabeli sebagai pahlawan namun tak tertulis di buku buku sejarah di sekolah.

Ada banyak orang berkorban demi kemerdekaan negeri ini namun hanya segelintir yang akhirnya dilabeli sebagai pahlawan dan tersemayamkan di makam pahlawan. Mereka yang tak bernama bahkan terhapus dari ingatan kita adalah pejuang juga yang patut kita beri penghargaan; minimal dengan doa doa.

Mereka telah merelakan nama dan nyawa untuk membebaskan negeri ini dari penjajahan. Mungkin apa yang mereka lakukan bertahun tahun lalu itu, bahkan oleh mereka sendiri, tidak mereka  sadari akan berimbas pada generasi masa kini. Kita berhutang segalanya untuk mereka.

Tak diragukan banyak di antara mereka juga berjuang tanpa pamrih yang dibuktikan dengan menjadi martir untuk mewujudkan dan merealisasikan cita cita perjuangannya. Kita banyak melihat mereka mereka yang dilabeli pahlawan sebenarnya telah ikut menikmati kemerdekaan. Dan pujian untuk mereka tak habis habis.

Adakah di antara kita di setiap momen Hari Pahlawan yang mengingat mereka mereka yang tak dikenal itu. Bahkan nama pun mereka tak abadi. Mungkin di antara mereka ada yang berteman dengan pahlawan pahlawan yang kita kenal selama ini. Bisa jadi saat mereka gugur aeda salah satu temannya yang mengetahui namun menghapusnya dari ingatan mereka.

Sejarah memang selalu berpihak pada yang berkuasa. Sebenarnya ada nama nama yang tak layak disebut pahlawan saat mereka pun menikmati kemerdekaan dengan membabi buta. Bagi saya pahlawan adalah ruang sunyi tanpa pamrih dan keriuh rendahan yang melenakan diri. Banyak yang sekarang menjadi pahlawan telah juga ikut bermain nakal di negeri sendiri. Tanpa harus saya sebut satu persatu pembaca bisa memilah sosok sosok pahlawan itu.

Tanpa mengecilkan peran mereka yang kita kenal sebagai pahlawan saya mendedikasikan setiap perayaan Hari Pahlawan untuk mereka mereka yang tak dikenal. Mereka yang terpinggirkan oleh sejarah dan berjibaku dengan kesunyian. Merekalah pahlawan pahlawan sesungguhnya. Selamat hari pahlawan untuk mereka  yang tak bernama. Perjuanganmu abadi meski tak terkubur di Taman Makam Pahlawan negeri ini.

 


TAGS Hari Pahlawan


-

Author

Saya adalah arsiparis di Dinas Kearsipan Daerah Kabupaten Lamongan. Saya juga ngajar Seni dan budaya di SMAM6 Ponpes Karangasem Paciran, Lamongan. Yang pasti saya suka nulis itu saja.

Search

Recent Post